Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Pastinya banyak di antar anda yang mengalami dan mengatasi kipas laptop yang berisik dan berputar lebih cepat dari biasanya.

Namun jika kipas laptop kalian sudah mengeluarkan bunyi secara berkala pastinya akan membuat tekno guide sangat terganggu saat sedang menggunakan laptop.

Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Keadaan yang membuat kipas laptop mengeluarkan suara hal tersebut menandakan bahwa laptop kalian sedang tidak bekerja dengan baik.

Namun kalian tidaklah perlu khwatir karena keadaan tersebut kalian bisa mengatasi laptop berisik dengan mencari sumber permasalahan tersebut.

Baca Juga: Malware Joker Mengecam Waspadalah

Langkah untuk mengatasi kipas laptop yang berisik tidaklah sulit untuk di lakukan, dengan mengikuti setiap cara yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Penyebab Kipas Laptop Mengeluarkan Suara

Kipas laptop yang sudah mengeluarkan suara berisik tidak akan bisa kalian abaikan begitu saja. Karena hal tersebut adalah tanda bahwa laptop yang sedang anda gunakan perlu perbaikan supaya dapat berjalan secara normal.

Kurusakan yang dapat membuat kipas laptop mengeluarkan suara berisik dapat terjadi dengan berbagai faktor. Baik hal sepele maupun dengan faktor yang sangat serius.

Oleh karena itu, kalian harus mencari tahu sumber kersauaj yang menimbulkan suara berisik dari kipas yang memiliki fungsi stabilkan suhu dalam laptop.

Kipas Rusak

Coba kalian untuk mengingat kembali kapan kalian membeli laptop yang sering kalian gunakan. Apabila sudah melebihi tiga tahun, ada kemungkinan suara berisik yang keluar dari kipas pada perangkap netbook mengalami kerusakan karena terlalu lama digunakan.

Hal tersebut dapat di ibaratkan bahwa laptop yang kalian gunakan berteriak dan ingin di perhatikan dan di bersihkan. Apabila belum lama di beli, kemungkinan bahwa suara kipas dari netbook karena pemasangan kurang pas ketika melakukan upgrade laptop.

Kipas Kotor

Apabila menimbulkan suara berisik secara berkala dan sering dari kipas laptop yang dapat di sebabkan sudah terlalu kotor dan harus di bersihkan.

Kotoran maupun debu yang ada di celah kecil dari laptop sudah menumpuk sehingga menghambar siklus udara dan kinerja dari laptop yang membuat kipas tidak dapat bekerja secara normal.

Kipas yang ada di dalam laptop tidak bisa menstabilkan suhu laptop dan timbul suara daro kipas yang berputar pada kekuatan yang extra.

Apabila laptop yang anda memiliki garansi maka kalian bisa langsung membawanya ke pusat pelayanan resmi dengan meminta menangai kendala secara tepat tanpa harus takut kehilangan garansi.

Kipas Bekerja Dengan Extra

Suara kipas laptop yang berisik yang di timbulkan bisa terjadi karena telah bekerja secara extra ketika sedang digunakan. Umumnya hal tersebut akan terjadi ketika pengguna sedang bermain game maupun rendering multimedia.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu indikasi bahwa prosesor dari laptop bekerja di luar kapasitasnya yang membuat suhu laptop naik secara cepat dan membuat suara berisik.

Untuk dapat mengatasi suara berisik dari kipas laptop yang sangat menggangu, maka kalian harus memperhatikan spesifikasi laptop.

Jika spek yang di miliki oleh laptop masih standart maka hindarilah untuk menginstall aplikasi atau software terlalu banyak yang akan sangat menguras performa processor laptop.

Cara Atasi Suara Berisik Laptop

Ketika sudah mengetahui sumber permasalahannya, maka anda bisa lebih mengetahui langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat di gunakan untuk membuat kipas laptop kalian tidak mengeluarkan suara berisik yang dapat menggangu ketika menggunakan laptop.

Periksa Suhu Pada Laptop

Untuk dapat mengetahui informasi tentang suhu laptop secara cepat, kalian dapat menggunakan aplikasi pengukur suhu seperti RealTemp.

Aplikasi tersebut akan mendetect suhu processor tanpa harus membuka atau membongkar laptop. Selain itu anda dapat mengetahui serta mengecek setiap hardware dan sistem kinerja yang di miliki oleh laptop dengan cara membuka Task Manager.

Kalian dapat menggunakan shortcut dari keyboard dengan cara tekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan. Pada saat menu terbuka, kalian bisa memilih performa tab dan meilhat sebagai informasi dari processor, memori penyimpanan dan RAM yang digunakan oleh laptop kalian.

Apabila bila suhu dari laptop menujukan hingga 100% maka kalian harus melakukan perawatan dan melakukan upgrade hardware dan software laptop.

Defrag

Suara berisik yang ada di kipas laptop dapat di timbulkan oleh beban pekerjaan dari prosesor yang terlalu berat. Sehingga ahar dapat meringankan kinerja dari kipas laptop kalian haruslah melakukan defrag.

Defrag pada sistem laptop secara berkala sebulan sekali atau lebih agar dapat menjaga performa laptop tetap dapat bekerja secara maksimal. Cara ini juga dapat membuat HDD dan RAM laptop yang kalian gunakan lebih segar.

Membongkar Laptop

Membongkar laptop dapat kalian lakukan apabila penyebab dari suara berisik dari kipas laptop karena memiliki banyak debu dan kotoran yang telah menumpuk di baling-baling kipas.

Pada saat kipas menjadi kotor karena debu, maka kinerja laptop yang kalian gunakan akan menjadi lebih berat di operasikan.

Sehingga untuk dapat mengatasinya kalian haruslah membongkarnya dan membersihkan kipas laptop secara langsung.

Sebelum untuk memutuskan membawanya ke tempat service kalian bisa mencoba pastikan kembali penyebab laptop berikit dengan cara bersihkan setiap celah lubang ventilasi dari laptop.

Akan lebih baik lagi apabila anda lebih rajin untuk bersihkan laptop sehingga debu maupun kotoran tidak menempel pada kipas laptop.

Posisi dari kipas laptop akan selalu berbeda, sangat di sarankan sebelum anda membongar laptop, anda harus mencari informasi tentang langkah membuka laptop dan proses pembersihan secara benar.

Terdapat berbagai cara untuk bisa membersihkan laptop yaitu dengan cara menembakan angin atau bisa di lakukan dengan kuas.

Olesi CPU Menggunakan Thermal Pasta

Untuk bisa menjaga prosesor tetap dingin sehingga dapat bekerja dengan optimal, dan pada laptop akan memiliki pendingin yang biasanya akan menempel di samping kipas.

Namun pendingin tersebut dapat habis kapan saja seiring berjalannya waktu. Pendingin yang di maksud ialah pasta thermal dan pendingin yang memiliki bentuk pasta yang dapat di gunakan untuk menyalurkan hawa panas ketika laptop di gunakan dari prosesor menuju ke heatsink.

Tanpa adanya pasta thermal akan membuat perpindahan suhu panas yang ada di prosesor laptop ke heatsink tidaklah sempurna dan dapat membuat processor mengalami overheat.

Hal tersebut akan membuat CPU mengalami overheat dan membuat laptop mati secara otomatis karena memiliki suhu yang terlalu panas.

Sehingga dengan adanya pasta thermal akan sangat membantu CPU untuk bisa menjaga suhu tetap dingin dan menghantar panas dengan cepat.

Menghentikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hal yang akan membuat laptop menjadi lambat dan panas ialah memiliki banyak aplikasi tidak di gunakan yang sedang berjalan bersamaan.

Sehingga membuat kipas laptop bekerja extra dan mengeluarkan suara berisik ketika di gunakan. Cara untuk menghindari kejadian tersebut ialah menghentikan aplikasi yang tidak anda gunakan.

Bukalah aplikasi yang penting saja sehingga laptop yang anda gunakan tidak membuat kipas bekerja secara berlebihan agar dapat mendinginkan prosesor.